Jalan-Jalan Sambil Belajar Tentang Nilai Keberagaman diTjong A Fie, Medan

Jika lebih lama berlibur ke Medan, jangan lupa untuk berburu tempat wisata yang unik dan klasik. Nah, salah satu tempat yang Anda kunjungi diminta Tjong A Fie.

Tidak seperti wisata budaya pada umumnya, Tjong A Fie yang berbeda. Karena, di Tjong A Fie merupakan cara yang cukup rumah besar kuno dengan arsitektur Cina di setiap sudut ruangan.

Tapi, Tjong A Fie bukan sembarang rumah. Karena, lama, tempat ini adalah simbol keragaman kota Medan. Bahkan status telah menjadi warisan budaya nasional, tidak hanya di lapangan, tapi juga di Sumatera Utara.

Jalan-Jalan Sambil Belajar Tentang Nilai Keberagaman diTjong A Fie, Medan
Jalan-Jalan Sambil Belajar Tentang Nilai Keberagaman diTjong A Fie, Medan

Tjong A Fie sendiri adalah seorang pedagang dari Negeri China yang tinggal di 1860-1921. Dia memiliki begitu banyak bisnis juga mengangkat perekonomian Medan pada saat itu, seperti perkebunan, pabrik kelapa sawit, pabrik gula, bank dan bahkan perusahaan kereta api.

Meskipun kaya, Tjong A Fie juga dikenal memiliki sikap murah hati di kota Medan. Dia bahkan memiliki peran besar dalam membantu pembentukan sejumlah gereja, kuil dan masjid di ibu kota Sumatera Utara, bahkan sampai Tapanuli. Tidak heran kediamannya yang terletak di jalan Jenderal Ahmad Yani disebut simbol keragaman kota Medan.

Rumahnya terbilang sangat mewah di zamannya. Ini terdiri dari dua lantai dengan nuansa arsitektur kuno yang sangat tebal. Meskipun berusia lebih dari 100 tahun, manajer masih merawat bangunan ini sampai ia masih bisa melihat megah dan berdiri kokoh.

Jadi, Anda dapat menetap untuk mengambil gambar menyenangkan sambil menikmati suasana damai di rumah mereka. Kesan eksotis dan mistis terasa saat Anda melangkah ke ruang tamu dan berbagai ruangan di dalamnya.

Saat menapakkan kaki main room, Anda akan melihat lengkap ruang tamu dengan meja dan kursi yang tersusun rapi dulu era lengkap dengan vas dekoratif. Anda dapat melihat poster yang dipamerkan menggambarkan sosok Tjong A Fie. Tidak jauh dari meja kursi, Anda dapat melihat lemari bertatahkan Tjong A Fie foto dengan istrinya dan beberapa motif Cina melekat teko keramik.

Dibuka untuk umum sejak tahun 2009, Anda bisa mengulik bebas dari Tjong A Fie setiap hari. Pintu masuk bervariasi, mulai dari Rp20 ribu untuk siswa hingga Rp35 ribu untuk umum..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *